Rabu, 06 Agustus 2008

Asap Rokok Dimana-mana. Cape Deh...!!!


     Memang sangat menyebalkan melihat kenyataan sekarang ini, dimana orang-orang dengan seenaknya merokok kapan dan dimanapun mereka suka. Terutama di kota ini. Asap rokok pun dengan nyamannya berterbangan dimana-mana. Membuat sesak napas kita meghirupnya. Sangat tidah mengenakkan. Kita tidak merokok, tapi kita pun ikut teracuni asap-asap rokok itu.
     Kapan sih di kota ini bebas dari polusi asap rokok? Atau minimal, kapan sih dikota ini diberlakukan seperti di kota-kota besar, dimana para perokok diberi ruangan khusus untuk merokok. Jadi mereka bisa dengan bebas merokok di zona tersebut. Tanpa harus mengganggu perokok pasif lainnya.      
     Apakah semua itu tidak mungkin diberlakukan di kota ini? Dimana-mana masih saja dengan santainya orang meghirup dan menghembuskan rokoknya. Tanpa mempedulikan tulisan "no smoke area" dan "ruangan ber-AC, dilarang merokok" yang terpampang dengan jelas di setiap pintu kantor. Seakan tulisan itu tidak berarti apapun. Bayangin aja betapa pekatnya udara di dalam ruangan kantor yang ber-AC jika ditambah dengan asap rokok. Sangat mencekik tenggorokan kita. Tidak usah jauh-jauh. Karena inipun terjadi di kantor tempatku bekerja. Memang sih tidak tiap saat ada yang seenaknya merokok di dalam ruangan, tapi ada-ada saja orang ataupun tamu yang tidak melihat tulisan yang sudah ditempel di pintu-pintu masuk itu. Entah ini adalah suatu kesengajaan ataukah memang kebiasaan yang sangat sulit untuk melepaskan "setan-setan kecil" itu dari selipan jari-jari tangan mereka.     
     Sebenarnya apa sih dampak positif yang bisa didapat dari merokok? Bukankah semuanya hanya hal negatif yang bisa merusak kesehatan material dan spiritual. Apakah tidak ada kebiasaan yang lebih baik yang bisa menggatikan kebiasaan buruk seperti merokok itu?     
     Yah, mudah-mudahan aja mata hati mereka semua yang merokok itu bisa terbuka untuk menghentikan kebiasaan yang dapat menggerogoti dan menghancurkan diri mereka sendiri itu. Dan suatu saat dunia ini akan terbebas dari yang namanya asap rokok. Jadi kita bisa sedikit mengurangi efek global warming. Yeeaahhh... 

0 komentar:

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...