Jumat, 08 Agustus 2008

Hargailah Orang Lain

     Pernahkah anda merasa kesal saat anda merasa bahwa orang lain tidak menghargai anda? Kalau jawabannya iya, maka cobalah anda flashback ke diri anda sendiri. Apakah anda sudah menghargai orang lain? Contoh kecil misalnya. Pada saat anda ingin berdiskusi dengan seseorang, tetapi ternyata orang tersebut malah tidak menghiraukan anda, dan mungkin malah mengganggap anda sebagai pengganggu. Bagaimana perasaan anda saat itu? Tentu anda akan merasa sangat kesal bukan? Ya walaupun akhirnya anda berusaha untuk tetap sabar, serta mengganggap bahwa mungkin ini tidak tepat waktunya untuk anda berdiskusi dengannya. Anda mungkin akan terus mencoba untuk mengerti keadaan orang lain.
     Mungkin pada kenyataannya memang masih banyak sekali orang yang merasa dirinya tidak butuh orang lain. Dan hanya datang kepada orang lain saat ada perlunya saja. Dan mengganggap orang lain itu tidak penting keberadaannya saat tidak diperlukan. Mungkin kedengarannya sangat kejam sekali. Tapi itulah kenyataannya.
     Tapi mungkin pembawaan setiap orang itu berbeda-beda. Mungkin juga sudah menjadi sifatnya untuk bersikap seperti itu. Mungkin juga dari faktor kebiasaan hidup yang serba nyaman. Jadi sangat sedikit sekali peran orang lain dalam hidupnya. Sehingga terbiasa untuk tidak memerlukan bantuan orang lain. Hm... mungkin ada bagusnya juga. Tapi sampai kapan sih seseorang mampu bertahan tanpa bantuan orang lain?
     Tapi coba kita kembalikan lagi pada fungsi manusia sebagai makhluk sosial. Yang akan selalu membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Dan apapun yang terjadi, tetaplah berusaha untuk menghargai dan menghormati orang lain. Apakah anda ingat dengan hukum sebab akibat? Ya, hukum itupun berlaku dalam hal ini. Seperti ada pepatah yang bunyinya, "Jika ingin dihormati, maka hormatilah orang lain terlebih dahulu. Dan jika ingin dihargai, maka hargailah orang lain terlebih dahulu". Dan pepatah itu sangatlah benar adanya. 
    Jadi, mulailah menghargai dan menghormati orang lain dari sekarang. Dan perlu diingat, menghargai orang lain itu tidak pandang usia dan kedudukan. Apapun keadaan orang lain, kita harus tetap menghargai kemanusiaannya. Tidak mengenal perbedaan apapun. Setuju???
    Semoga saja mulai hari ini sudah tidak ada lagi orang-orang yang mau menang sendiri dan mengganggap dirinya paling sempurna. Doakan aja deh ya... Mulailah perubahan ini dari sekarang. Yakinlah perubahan ini akan membawa kita menuju ke arah yang lebih positif. SMANGATTT....!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...