Sabtu, 09 Agustus 2008

Kejujuran Itu Paling Utama

     Apa pendapat anda tentang kejujuran? Mungkin kejujuran merupakan hal penting yang kadang terlupakan. Terkadang ada sekelompok orang yang menganggap kejujuran adalah hal yang sepele. Bisa diremehkan. Padahal sebenarnya tidak sama sekali. Sekecil apapun kejujuran, dampaknya akanlah sangat besar. Jadi janganlah sekali-kali anda meremehkan kejujuran.
    Kejujuran memiliki dampak yang sangat positif bagi diri anda pribadi dan juga orang-orang yang berinteraksi dengan anda. Melatih disiplin pribadi dan sosial. Dan sebaliknya, tidak jujur akan membawa dampak yang sangat buruk kepada diri anda pribadi khususnya dan orang lain pada umumnya. Karena tidak dapat dipungkiri, sekali saja kita berbohong akan hal-hal kecil yang kita anggap remeh, maka kebohongan itu sendiri akan menuntut kita untuk terus dan terus berbohong untuk hal lainnya. Sehingga kebohongan itu akan terus menumpuk dan sangat merugikan pribadi kita.
     Contoh kecil dari pernyataan di atas misalnya, suatu saat kita sedang melakukan kegiatan pribadi kita. Kemudian ada seorang teman yang bertanya kepada kita tentang apa yang sedang kita lakukan. Tetapi mungkin kita tidak ingin orang tersebut tau tentang apa yang sedang kita lakukan. Lalu kita menjawab dengan sedikit berbohong. Mungkin teman kita itu akan percaya begitu saja dengan apa yang kita katakan, namun diluar dugaan kita, ternyata teman kita itu bertanya lagi tentang dimana keberadaan kita, ataupun hal lain yang kita juga tidak ingin mereka tau. Lalu lah dengan terpaksa kita menjawabnya dengan kebohongan berikutnya.
     Mengapa kita tidak mencoba untuk lebih jujur dengan mengatakan yang sebenarnya kepada teman kita itu, tanpa harus membuka rahasia yang kita tidak ingin orang lain mengetahuinya. Misalnya dengan mengatakan, "Maaf, saya sedang melakukan kegiatan pribadi saya". Dan menurut saya pribadi, siapa pun teman anda itu, pasti dia akan langsung mengerti maksud dari perkataan anda tanpa harus bertanya lebih detail, karena dia tau bahwasanya anda tidak menginginkan dia untuk tau itu.
    Nah, sekarang lebih jelas bukan? Anda tidak perlu berbohong dan anda pun tidak perlu mengatakan hal yang anda rahasiakan. Bukankah ini langkah yang lebih baik daripada anda berbohong? Dan kepribadian anda pun akan lebih terlatih untuk berkata jujur dalam menanggapi berbagai persoalan.
     Kalau begitu, marilah kita tanamkan kejujuran dalam diri kita semua. Mudah-mudahan kita bisa menerapkannya dalam segala aspek kehidupan kita. Dan kemudian kita akan menuai buah dari kejujuran kita itu. Yakinlah kejujuran kita yang sekarang akan bebuah manis di masa yan akan datang. Karena tidak ada kejujuran yang sia-sia. Marilah kita sama-sama berusaha untuk menerapkannya. Semangattttttt.........!!!!! 

0 komentar:

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...