Jumat, 05 September 2008

Targetku, Pribadi Ikhlas!!!


     Apa target yang ingin anda capai dalam hidup ini?
     Tentunya setiap orang memiliki target tertentu yang ingin dicapai dalam hidup ini. Baik itu dalam bidang karier, kehidupan pribadi, ataupun hal lain dalam hidup ini. Hm.. Kalau sekilas kita pikir, ternyata penentuan target sangatlah penting dalam kehidupan kita. Percaya atau tidak, penentuan sebuah target itu akan memberi motivasi kepada diri kita pribadi untuk mencapainya. Kita akan berjuang keras untuk memenuhi target yang telah kita tentukan sendiri itu.
     Aku pribadi juga memiliki target-target tertentu dalam hidup ini. Dalam hal kepribadian, targetku adalah "pribadi yang ikhlas". Ikhlas dalam segala hal. Target ini kutanamakan dalam ehidupanku. Aku akan berjuang untuk menjadi manusia baru dengan rasa ikhlas karena illahi.
     Tak dapat kupungkiri, kenyataan pahit kehidupan yang aku alami juga segala beban dan cobaan hidup yang sudah aku tempuh dalam satu tahun belakangan ini telah mengubahku menjadi sesosok pribadi yang berbeda. Aku merasakan diriku menjadi lebih tegar dan kuat. Walaupun tak bisa disangkal, aku masih sering menangis. Tapi minimal aku telah benar-benar mengerti tujuan hidupku sekarang. Aku ingin menjadi seseorang yang kuat dalam menghadapi apapun kenyataan hidup. Tanpa pernah mengharapakan bantuan dan uluran tangan dari orang lain. Tapi bukan berarti aku tak membutuhkan kehadiran orang lain. Namun selama aku bisa, aku hanya akan mengandalkan diriku sendiri dalam segala hal. Aku juga hanya akan mengadukan semua masalahku pada Allah SWT. Hanya kepada-Nya aku menceritakan semua kesedihanku. Hanya kepada-Nya jualah aku selalu menangis tersedu mengingat semua dosaku. Hanya kepada-Nya jualah aku memohon pertolongan.
     Saat ini, aku merasakan diriku sangat tenang. Hatiku lebih bisa merasakan kedamaian. Walau kadang ingatan akan masalah-masalah masa laluku datang membayangi malamku. Aku pun kembali menangis. Aku pun kembali sedih. Namun secepat mungkin aku ingatkan kembali pada diriku bahwa aku harus kuat dan bangkit. Perlahan aku ucapkan istighfar. Dan aku pun bisa kembali tenang.
     Andaikan saat ini Allah ingin mengujiku dengan kehilangan lagi, insya Allah aku akan lebih siap dan ikhlas. Andai Allah ingin mengambil semua yang kumiliki dan kusayang, insya Allah aku akan melepaskannya dengan ikhlas. Andai Allah ingin mengujiku dengan ketiadaan, insya Allah aku akan ikhlas. Aku akan ikhlas melepas kepergian orang yang aku sangat sayangi sekalipun. Insya Allah aku akan ikhlas. Karena aku benar-benar percaya, bahwa apa saja yang telah ditakdirkan, ditentukan, dan diberlakukan oleh Allah dalam kehidupanku, semua itu adalah memiliki arti yang dahsyat untuk kehidupanku. Semua itu adalah yang terbaik untukku. Semua itu selalu memiliki hikmah besar yang terpendam didalamnya. Yang kelak akan menjadikanku sesosok manusia yang lebih baik. Yang lebih matang. Yang lebih islami. Insya Allah. Amiiinn...
Ya Allah...
Jadikanlah hati dan pikiranku hanya untuk-Mu
Hilangkan lah dari benakku sesuatu selain-Mu
Jauhkanlah pikiranku selain kepada-Mu
Sucikanlah niatku untuk kembali pada-Mu

Ya Allah...
Jadikanlah aku manusia yang ikhlas
Hindarkanlah aku dari perasaan duniawi yang menyesatkan
Rangkullah aku dalam nikmatnya keindahan agama-Mu
Keluarkan semua kegundahan di dalam hatiku karena dunia-Mu

Ya Allah...
Berikanlah aku kesabaran
Berikanlah aku kekuatan
Berikanlah aku ketegaran
Berikanlah aku keimanan

Berikanlah aku keikhlasan
Berikanlah aku ketenangan
Berikanlah aku kekhusyukan
Berikanlah aku keridhoan

Ya Allah...
Tunjukkanlah cahaya illahi-Mu
Terangi hatiku ketika gelap menyelimuti jiwa
Berikan peringatan-Mu sebelum Kau menurunkan adzab-Mu
Jangan Engkau bimbangkan hatiku setelah Engkau berikan petunjuk

Amiinn...

0 komentar:

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...