Sabtu, 16 Juli 2011

Between Wine and Grape

Bismillah…

Assalamualaikum wr wb….

Bersumber dari sebuah email yang dikirim oleh seorang teman di Dubai sana beberapa waktu yang lalu, saya ingin membagi sebuah cerita penuh hikmah. Saya merasa terpanggil untuk membagi kisah ini ke teman-teman semua. Yang semoga dengannya kita bisa memetik hikmah dan pelajaran berharga. Sebagai pemacu semangat juang kita, untuk menggapai pribadi yang berakhlak mulia.
Langsung saja, mari kita simak bersama-sama cerita berikut (yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia).

***
-Between wine and grape-

Di dalam bukunya tentang Shawam (Orang-orang dari Sham : Syria & Lebanon), Professor Adil Abu Shanab bercerita tentang kisah dari seorang Syeikh Arab yang mana terlibat dalam sebuah diskusi dengan seorang pejabat Perancis yang sedang melakukan pekerjaannya di Syria.

Pejabat Perancis mengundang beberapa orang terkemuka Syria untuk menghadiri sebuah acara makan malam. Salah satu undangannya adalah seorang Syeikh tua dengan jenggot putihnya. Ketika pejabat Perancis melihat Syeikh tua makan dengan jari-jarinya, dia bertanya kepada Syeikh tua :
“Mengapa kamu tidak makan seperti kami?”

Yang mana Syeikh tua menjawab :
“Apakah kamu melihat aku makan dengan hidungku?”

Pejabat Perancis menjawab :
“Maksudku, mengapa kamu tidak makan dengan menggunakan garpu dan pisau?”

Syeikh pun membalas :
“Aku yakin dengan kebersihan tanganku, tapi apakah kamu yakin dengan kebersihan dari garpu dan pisaumu?”

Perkataan Syeikh ini membuat pejabat Perancis menjadi terdiam, tapi dia (pejabat Perancis) berpikir untuk membalas Syeikh tua itu.

Pada jamuan tersebut, istri pejabat Perancis tersebut duduk di samping kanannya, dan anak perempuannya duduk di samping kirinya. Masih dalam keadaan jengkel, pejabat Perancis menyuruh pelayan untuk membawakan wine, dan kemudian dia menuangkan wine tersebut untuk dirinya sendiri, untuk istrinya, dan untuk anak perempuannya. Dan kemudian meminum wine tersebut dengan cara-cara yang mengganggu Syeikh tua.

Pejabat Perancis bertanya kepada Syeikh tua :
“Dengarlah wahai Syeikh, kamu menyukai buah anggur dan memakannya bukan?”

Yang mana Syeikh hanya membalas dengan anggukan tanda setuju.

Pejabat Perancis terus berbicara, sambil menunjuk kepada buah anggur dan wine, berharap bisa mengalahkan Syeikh tua.
“Minuman ini terbuat dari buah anggur ini, lalu mengapa kamu memakan buah anggur ini tetapi kamu menjauhkan diri dari wine ini?”

***
Intermezzo……
Kira-kira, kalau kita yang ditanya begitu, apa jawaban yang akan keluar dari mulut kita? Akankah kita diam sejenak sambil bengong, memikirkan jawaban yang pas? Atau mungkin kita langsung menjawab, “Karena wine itu hasil fermentasi, dan anggur adalah buah yang masih alami, dan bla…bla…bla…”
Ternyata sungguh sulit menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang mengena telak di hati penanya, hingga membuatnya sadar sepenuhnya. Dan bisa membuat seseorang pecandu wine sekalipun, terhenyak dan berhenti seketika dari candunya.
Baiklah…. Mari kita lanjutkan kisahnya…
***

Semua tamu melihat ke arah Syeikh tua, (mereka merasa bahwa kali ini Syeikh tua tidak mempunyai jawaban untuk pertanyaan itu).

Kemudian, Syeikh tua dengan santai menjawab :
“Ini adalah istrimu, dan ini adalah anak perempuanmu. Anak perempuanmu adalah berasal dari istrimu (anak dilahirkan oleh istri : pen), lalu bagaimanalah bisa istrimu itu sah untukmu tetapi anak perempuanmu itu tidak sah untukmu?”

Diceritakan setelah itu bahwa pejabat Perancis menyuruh pelayan untuk segera menyingkirkan wine dari meja makan.
***
Semoga Allah membimbing kita semua dan memberi kita kearifan, tidak hanya untuk bisa melihat perbedaan antara yang benar dan yang salah, tapi juga untuk mengikuti kebenaran tersebut yang telah kita ketahui, dan istiqomah dalam menetapi petunjuk dari Allah, hingga akhir hayat. Aamiin….

Alhamdulillah… Demikianlah postingan kali ini. Salah khilaf serta kekurangan dalam menterjemahkan, penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya.

11 komentar:

Aa mengatakan...

Super deh. :)
Ceritanya bagus, Kakak.

Ferfau mengatakan...

bener banget, jawabannya bikin si penanya jadi tidak bisa berbuat apa-apa... Great! nice posting, mbak... :)

yuliani indri lestari mengatakan...

@Aa :
super sekali *sambil ngikutin gayanya om mario teguh :D* hehehe..

@ferdi:
iya fer. hari gini, kira2 msh da ga ya sosok ky syeikh itu? penasaran. pngen ktemu lgsung. berguru. biar jadi 'sakti' jg ky gtu :D (lebay)

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
salam ukhuwah wahai saudaraku, Syukron jazakallah khoiron katsiron telah berbagi ilmunya, ada hikmah yang bermanfaat dari sebuah kisah yang engkau ceritakan.

Islam Dan Sains mengatakan...

Insyallah kl saya ditanya begitu. saya akan jawab, "saya yakin dengan jaminan gizi kebersihan anggur yg lngsung dari buah. karena Allahlah yang langsung menciptakannya. sedangkan wine, saya tidak yakin dengan kandungan gizi yg ada padanya. (niru pernyataan diatas juga)

subhanallah ya. seorang alim yg mana dia sll siap dengan jawaban walau tanpa persiapan sedikitpun.

yuliani indri lestari mengatakan...

@bersama dakwah islam :
afwan^^

@islam dan sains :
akhi... kumat nih 'ilmu sakti ngeles'nya ;))

ya itu dy akhi, pnsran bgt ana pgn bs dksih ksmptan ktmu dan bljar lgsung dr org alim sprti itu. mdhn dksh jlan k arh situ. aamiin...

fighting!! =D

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr wb
salam ukhuwah

selain fermentasi,tentu jawaban syeikh tua itu ( semoga Alloh selalu merahmati) yang paling benar.semoga si francis itu diberikan hidayah dengan jawaban tersebut

syukron sudah berbagi..slm

Faril mengatakan...

buat Yuli: kalopun kamu ketemu sama alim ulama seperti karakter dalam cerita itu,, belum tentu kamu akan bisa belajar dan mendapat manfaat dari ilmu beliau...
sebagai contoh: Nabi Musa yang sangat pintar saja tidak mampu memahami pemikiran Nabi Khidir...
jadi jangan terlalu berharap untuk bisa berguru kepada Syeikh itu karena malah kita sendiri yang kurang kuat memahami dasar pemikirannya...

smangat berkarya dan berbagi ilmu agama...

*sudahkah Anda beramal hari ini??

yuliani indri lestari mengatakan...

@wisata murah :
waalaikumsalam wr wb..
salam ukhuwah^^

aamiin... dan smoga kita slalu dlam naungan hidayah Allah, serta mampu utk istiqomah.

afwan :)

@faril :
wah sobat lama dtg berkunjung^^
trmksh sob atas wejangannya. anyway, ttp brharap utk bs bljar dan mraup ilmu sbanyak2nya dr org2 alim yg ditemui :D

Unknown mengatakan...

Thanks Bermanfaat Artikelnya, Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

Madesain mengatakan...

Keren, jangan lupa mampir ketempat ku kak, di madesain.com

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...