Sabtu, 30 Juli 2011

Majelis Ilmu

Bismillah…

Dari beberapa majelis ilmu yang diikuti dalam beberapa hari belakangan ini, subhanallah… banyak sekali pelajaran berharga dan ilmu yang diajarkan. Berikut, saya ingin sharing sedikit, apa yang berhasil terekam dalam memori saya, yang ingin sekali saya teruskan dan sebar luaskan ilmunya kepada teman-teman semua. Mari semua, kita duduk sejenak di majelis ilmu ini J

Perintah Allah itu meliputi dua hal. Ada yang sesuai dengan hawa nafsu manusia, dan ada yang tidak sesuai dengan hawa nafsu manusia. Yang pertama, yang sesuai dengan hawa nafsu manusia contohnya tidur. Allah berfirman dalam Q.S. An Nabaa : 9, “dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat”. Tidur itu sesuai dengan hawa nafsu manusia. Istilahnya, kita tidak diperintah untuk tidur pun tetap saja kita tidur. Orang kafir pun demikian. Mereka juga tidur. Jadi, tidak ada keistimewaan dalam tidur ini. Ringan saja menjalankannya. Bahkan orang kafir pun bisa. Jadi bisa disimpulkan bahwa perintah yang sesuai dengan hawa nafsu manusia itu tidak ada kemuliannya. “Adakah orang yang bertambah kemuliaan/keimanan/ketakwaannya hanya dengan tidur?” ucap sang ustadzah waktu itu.

Yang kedua, perintah Allah yang bertentangan atau tidak sesuai dengan hawa nafsu manusia. Contohnya, Allah memerintahkan manusia untuk bangun pada sebagian malam untuk beribadah kepadaNya. Ini jelas bertentangan dengan hawa nafsu manusia yang inginnya tidur pulas sepanjang malam. Maka dari itu, terasa berat sekali untuk melaksanakan perintah yang satu ini, apalagi untuk istiqomah di dalamnya. Orang kafir tidak akan bisa menjalankan perintah yang satu ini. Hanya orang-orang beriman lah yang mampu menekan hawa nafsunya, untuk mampu menjalankan perintah Allah ini. Dan tentunya, ada kemuliaan di dalamnya. Banyak sekali dalil yang menjelaskan tentang fadhilah qiyamullail. Allah membalas penat dan lelahnya mukmin yang tetap menguatkan diri untuk bangun di sebagian malam itu untuk berdibadah kepada Allah, dengan kemuliaan yang luar biasa.

Sholat. Bila kita teliti lebih cermat lagi, sebetulnya sholat itu bukanlah hanya suatu kewajiban, yang membuat kita kadang masih berat untuk menjalankannya, karena merasa diharuskan, jadi tidak ada keikhlasan, merasa dipaksakan, hanya takut akan dosa bila tidak mengerjakan, alhasil sholat express pun tidak masalah asalkan 5x dalam sehari sudah ‘absen’. Astaghfirulloh…

Sholat itu sebetulnya adalah kebutuhan kita. Kita yang perlu untuk sholat. Bukan Allah yang perlu dengan sholat kita. Kemuliaan dan ke-Maha Kuasa-an Allah tidak akan berkurang sedikitpun dengan tidak sholatnya kita. Bahkan sebaliknya, kehinaan kita yang akan semakin bertambah apabila kita tidak sholat.  Kita yang memerlukan sholat sebagai sarana ‘bertemu’ dengan Allah, Robb kita, tempat kita menyembah dan memohon pertolongan. Kita yang memerlukan sholat sebagai makanan dan suplemen rohani (ruh) kita. Dan ketahuilah, Allah itu ‘bukan’ bersama orang yang sholat, tapi Allah bersama orang-orang yang sabar. Karena, output yang diharapkan dari sholat yang setiap hari kita lakukan adalah kesabaran. Kesabaran yang luar biasa. Yang akan tercermin dan teraplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, bila sudah sholat tapi masih suka marah-marah, masih suka maksiat, apa yang terjadi dengan sholat kita? Berarti masih banyak yang harus dikoreksi dalam sholat kita.

Contoh lain, dalil tentang puasa (Q.S. Al Baqarah : 183). Allah mewajibkan kita untuk berpuasa (di bulan ramadhan), agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa. Allah ‘bukan’ bersama orang yang berpuasa, tapi Allah itu bersama orang-orang yang bertakwa (output yang diharapkan dari ibadah puasa tadi).

Output dari seluruh ibadah yang kita lakukan disebut sebagai sifat iman. Yaitu sabar, takwa, dan tawakkal. Jadi, Allah itu bersama orang-orang yang bisa ‘menghasilkan’ sifat iman tadi, dari ibadah-ibadah yang dilakukannya. Dan Allah tidak bersama orang-orang yang secara lahiriah terlihat rajin sekali beribadah, namun sebetulnya sia-sia, karena ibadahnya tidak menghasilkan sifat iman, ibadahnya tidak merubah dirinya untuk menjadi lebih baik, ibadahnya hanya merupakan ‘simbol’ saja.
Terkait dengan bulan ramadhan yang insya Allah sebentar lagi akan kita temui, apakah teman pernah merasakan semangat beribadah di bulan ramadhan yang lebih kuat daripada di bulan-bulan lainnya? Jika ya, tahukah teman apakah penyebabnya? Suasana? Ya, suasana termasuk salah satu penyebabnya. Tapi itu hanya faktor pendukung yang kecil saja, karena suasana di bulan ramadhan memang sudah terbentuk seperti itu. Faktor utamanya adalah, karena pada bulan ramadhan itu kita sedang berpuasa, menahan haus dan lapar, menekan hawa nafsu. Nah kawan, ketika kita lapar, jasmani kita lapar, hawa nafsu kita itu lemah. Tetapi, ketika jasmani/fisik kita kenyang, kita selalu makan banyak bahkan berlebihan, hawa nafsu kita semakin kuat, bahkan menjadi raja di dalam diri kita. Hasilnya, hawa nafsu yang memerintah, apa-apa berdasarkan keinginan nafsu, apa-apa menurutkan kehendak nafsu. Astaghfirulloh… Na’udzubillahi min dzalik. Berhati-hatilah kawan dengan kenyangmu!!!

Selama ini kita sangat sering terlena. Kita selalu mencukupi kebutuhan jasmani kita saja. Kita makan teratur, memakai baju yang bagus-bagus, memakai kendaraan mewah, dll. Ketika kulit kita terluka sedikit, bukan main khawatirnya kita, kita segera ke dokter, takut luka kita semakin membesar dan parah. Tapi pernahkah kita mengkhawatirkan bagaimana ruh kita terluka? Bagaimana ruh kita kelaparan dan kehausan? Bagaimana ruh kita ‘telanjang’? Kebutuhan jasmani selalu kita cukupi, lalu bagaimana dengan kebutuhan rohani kita? Kita saja yang tidak mendengar, bahwa sebetulnya ruh kita menjerit karena ‘kelaparan dan kehausan’. Roh kita menjerit karena kita lebih sibuk pergi shopping daripada pergi ke majelis ilmu. Ruh kita menjerit karena kita lebih suka berkenyang-kenyang daripada berpuasa.

Menyinggung tentang ini, saya jadi teringat suatu hal. Ketika seorang laki-laki dan seorang perempuan menikah, sang mengatakan bahwa “aku siap memberikan nafkah lahir batin kepada istriku”. Nah, pendapat yang berkembang luas di masyarakat kita ini sebetulnya salah kaprah, yang menganggap bahwa nafkah batin itu maksudnya adalah kebutuhan biologis. Padahal itu masih tergolong dzahir. Bukan batin. Yang dimaksud dengan nafkah batin di sini sebetulnya, pemahaman dan ilmu agama. Jadi, seorang suami wajib mengajarkan tentang pehamaman agama kepada istrinya. Wahai para suami dan calon suami, sadarlah akan hal ini!!!

***
Bulan Ramadhan sejatinya merupakan bulan training, bulan latihan untuk kita semua. Latihan untuk menghasilkan pribadi yang lebih islami, dalam menjalani sebelas bulan di luar ramadhan. Jangan biarkan grafik keimanan kita menurun drastis seiring dengan berlalunya bulan ramadhan. Tapi, usahakanlah grafik keimanan kita terus menunjukkan angka naik, meskipun perlahan.

Mari bersama-sama kita raup sebanyak-banyaknya ‘hujan emas’ rahmat, keberkahan, ampunan, pahala di bulan ramadhan ini. Semoga kita semua sukses meraih kemenangan di hari Idul Fitri nanti, yang sejatinya kemangan itu diperuntukkan bagi orang-orang yang sukses ‘berpuasa hati’, yang tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi seluruh anggota badannya ikut berpuasa. Matanya, telinganya, tangannya, kakinya, semuanya berpuasa. Yang mana selama ini sebetulnya kita baru sampai di tahap ‘ikut merayakan’ idul fitri saja, bukan memiliki idul fitri itu, karna kita baru berpuasa dalam menahan lapar dan haus, sementara hawa nafsu kita tetap berkeliaran kemana-kemana, bahkan ada saja orang yang berkata, “sekarang gue lagi puasa, coba kalo ga, gue maki-maki deh lo, tunggu ntar bis buka puasa, abis dah lo gue embat”. Astaghfirulloh… Bermaksiat pun direncanakan.

Ya Allah… dosa kami kian menggunung. Maksiat yang kami tumpuk setiap hari kian melambung. Tanpa kemurahan-Mu, maka niscaya kami termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi. Maka, dengan ke-Maha Mulia-an Mu, ampunilah kami… Aamiin…

23 komentar:

Wisata Murah mengatakan...

alhmdulillah. banyak yang ane dapat dari berkunjung ke blog ini. pertama seperti majelis ilmu ini. yang membedah mengurai temtamg kajian islam. syukron sudah berbagi

Dakwah Syariah mengatakan...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Subhanallah, Syukron jazakallah khoiron katsiron, banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang majelis ilmu, salam ukhuwah wahai sauadaraku.

obat stroke herbal mengatakan...

salam kenal ..

Marksplex.biz mengatakan...

Thanks for such a wonderful post
http://www.marksplex.biz/

obat ejakulasi dini mengatakan...

alhmdllh, masuk di blog ini saya semakin banyak termotivasi

randy mengatakan...

Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding an intro to my website on your next post? I will return the favor. Please email me back. Thanks!

Randy
randydavis387 at gmail.com

Gadgets

kiki norfiyanti mengatakan...

Amiiiin, inilah ilmu yang bermanfaat. Sampaikan walau satu ayat

herbalku mengatakan...

terimakasih sungguh sangat bermanfaat

obat alami sakit maag mengatakan...

Keren gan hehe, makasih banyak informasinya nih gan

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi dan Balita mengatakan...

Infonya menambahkan pengetahuan saya . Ditunngu info selanjutnya

habbats ramdhan mengatakan...

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
Madu
Habbatussauda
Jual Minyak Habbatussauda
Minyak Zaitun
Produk Habbats
Produk Herbal
Obat Herbal
Habbatussauda Dosis Tinggi
Habbats.co.id
Habbats
Aozora Shop Online
toko online
Jual Baju Anak
Jual Baju Bayi
Jual Baju Dewasa
Jual Sepatu Bayi
Jual Sepatu anak Anak
Jual Sepatu Dewasa
Jual Perlengkapan Bayi
Jual Perlengkapan Anak Anak
Jual Perlengkapan Dewasa
Tupperware
Tupperware Murah
Tupperware Update
Tupperware Bandung juara
Jual Tupperware
Katalog Tupperware
Jual Online Tupperware
Tupperware Resep
Tupperware katalog baru
Raja Tupperware Bandung
Collection Tupperware

habbats aozora mengatakan...

Thanks Bermanfaat Artikelnya, Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

Samsul Bahri mengatakan...

Range Rover v8 Diesel Specs

Andi Wira mengatakan...

Resetter Canon iP2770 Download

Samsul Bahri mengatakan...

2016 Honda Pilot Specs and Release Date
2016 Toyota Tacoma Diesel Specs
2016 Chevrolet Camaro Release Date
2016 Toyota Venza Review

Samsul Bahri mengatakan...

Very interesting article to read and very meaningful to me.
Please visit and share my post below:

2016 Ford Bronco Release Date
2016 Nissan Titan Specs
2016 Acura ILX Specs
2016 BMW 3 Series Facelift
2016 Audi A4 Release Date
2016 Cadillac SRX Release Date
2016 Buick Enclave Tuscan Edition

Sarah Elisa mengatakan...

I really liked this part of the article, with a nice and interesting topics have helped a lot of people who do not challenge things people should know.. You need more publicize this so many people who know about it are rare for people to know this... Success for you .....!!!

Michael Twin mengatakan...

Nice Post, Thank for your very useful information

Samsul Bahri mengatakan...

Very interesting article to read and very meaningful to me.
Please visit and share my post below:

2016 Chevrolet Colorado Diesel Specs
2016 Mitsubishi EVO XI Review
2016 Dodge Challenger SRT Hellcat
2016 Ford Expedition Redesign
2017 Ford Fiesta RS
2016 Honda Accord Sport Release Date
2016 BMW 5 Series Redesign
2016 Toyota 4runner Diesel Specs
2016 Nissan Altima Changes and Release Date
2016 Ford Mustang GT350 Specs
2016 BMW 7 Series Release Date
2016 Nissan Armada Redesign and Specs
2016 Audi A6 Release Date

Abu sigly Ahlussunnah waljamaah mengatakan...

mkasih gan salam sukses,,cara mempertajam hafalan dan ingatan
rahasia kecerdasan orang yahudi
rahasia sehat dan panjang umur orang jepang
tanggung jawab kita di akhir zaman
Hadist nabi nikmat kubur dan siksa kubur thank u

Poker Online mengatakan...

Isi beritanya bagus banget.. Buat lagi yang lebih bagus gan thanks..


Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Terpercaya
Bandar Domino
Bandar Domino Online
Agen Domino
Judi Poker
Taruhan Poker
Bandar Poker


Clara Cutez mengatakan...

seasonbet77 agen bola online
Seasonbet77 bonus depo awal 30%
eBET
Bandar Sbobet
Agen Sportbook
Bandar Judi
Agen Sbobet
Agen Bola
Bandar Bola
AgenSeasonbet77
Seasonbet77 bonus depo awal 30%

Clara Cutez mengatakan...

DEWI's BLOG

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...