Senin, 07 Juni 2010

Ujian oh ujian…

Bismillah…

Kemaren malam nyempetin nge-sms salah satu temen blogging di tangerang. Anak kelas 1 SMA yang lucu dan penuh semangat. Lucu karna orangnya lumayan lugu. Sering minta dikasih nasehat juga. Mirip kayak siswa-siswa di tempat saya kerja. Hehe..


Dia cerita, blog sama emailnya dah lama dihapus (pantas beberapa waktu yang lalu sempet mo nengok blognya tapi ga bisa), karna dia bilang kalo lagi online bawaannya suka lupa waktu. Jadi pengennya online terus. Kok bisa ya? Saya jadi bingung dengernya. Secara saya dah lama banget bikin blog, kadang memang ada saat-saat yang mengharuskan saya untuk ga bisa online karna alasan pekerjaan atau yang lainnya, tapi menurut saya itu lumrah. Ntar kalo dah ada waktu kan bisa online dan nulis lagi. Selagi ga bisa online ga perlu sampe menghapus blog atau email segala. Menurut saya, tindakan penghapusan ini terlalu ekstrim. Hoho ^_^


Saya saranin dia buat ngebikin daily activities schedule yang rapi, jadi semuanya bisa sama-sama jalan, ga perlu sampe melakukan aksi penghapusan blog dan email segala. Tapi lucunya dia bilang gini, “Ya itu dia masalahnya kak, ngatur jadwalnya itu lho, ribed banget, hehe”. Lucu ya.. Jawaban yang polos.


Senin depan jadwal ujian semesteran, katanya. Dia sempet curhat gini, “Kak, kadang aku tu sebel banget kalo lagi pas ujian, sebel sama temen yang ngumpulnya paling duluan, kan bikin yang lain jadi buru-buru ngumpul juga. Salah ga sih kak kalo kita ngumpulnya yang terakhir aja? Kan waktunya masih ada”. Saya coba kasih penjelasan gini, “Ya ga salah donk. Seharusnya semua siswa bisa menggunakan waktu pengerjaan ujian yang udah dikasih dengan semaksimal mungkin. Jadi ngerjain soalnya juga bisa maksimal. Hasilnya pun juga bisa lebih maksimal. Tidak terburu-buru. Ngapain buru-buru ngumpul kalo ntar hasilnya malah ancur karna banyak soal yang sebetulnya belum kelar dikerjain tapi jawabannya buru-buru dikumpulin cuma karna ikut-ikutan temen lain yang udah ngumpulin duluan? Ya ga?”. Dia jawab lagi gini, “Hehe bener kak, ternyata yang ngumpulinnya paling cepet nilainya gak lebih bagus dari yang agak lamaan, malah nilainya kecil. Ngejar gengsi kali, pengen diliat orang. Hehe…”


Aku tambahin juga beberapa statement yang mudahan bisa bikin dia tenang dan lebih percaya diri lagi saat ujian. Ada banyak alasan kenapa seorang siswa ngumpulin hasil jawabannya cepet-cepetan :

  1. Udah bener-bener blank, ngeliat soal makin stress makanya buru-buru dikumpulin.
  2. Pengen gaya dan dibilang keren karna ngumpulnya paling duluan, padahal jawabannya itung kancing semua.
  3. Ikut-ikutan yang lain yang dah ngumpul duluan, karna malu kalo keliatan ngumpulnya paling belakangan, e taunya lupa padahal masih banyak soal yang belum dijawab. Ilmu ikut-ikutan ini yang parah, ntar orang nyebur ikutan nyebur. Ckckck…
  4. Apalagi kalo pas ujian seruangan sama si do’I, wah ilmu ja’imnya kumat. Kelar ga kelar, bener ga bener, yakin ga yakin sama jawaban, yang penting paling cepet ngumpuuulll… Biar dibilang keren sama si do’i.


Kepercayaan diri itu penting banget dan harus dibangun apalagi saat-saat menghadapi ujian.Udah berapa banyak siswa yang ga lulus/ga naik kelas karna ga percaya dengan kemampuan diri sendiri dan lebih milih ikut jawaban orang lain, nyontek kanan kiri, nge-sms bandar jawaban, de-el-el. Dan hasilnya?!


Penyesalan tiada guna. Hanya menambah luka sukma. (disadur dari puisi ternama dengan sedikit penyesuaian)


Hufff… sekarang harus lebih bisa mawas diri. Sampai kapan pun yang namanya jujur itu selalu nomor 1. Belajar yang semangat. Konsentrasi penuh. Fokusin pikiran. Good Luck fren!

8 komentar:

munir ardi mengatakan...

seandainya emailnya masih ada mungkin blognya masih bisa dipanggil kembali

indri mengatakan...

@munir ardi :
oh ya? emangnya bisa gtu ya? walopun blognya udh dihapus emg msh bisa dipanggil? gmna caranya tuh? mklum gaptek :-D

Lulus Sutopo mengatakan...

kunjungan Blogwalking hari ini

buret mengatakan...

sayang banget, blognya dihapus. salam kenal mba Indri.

yuliani indri lestari mengatakan...

@lulus :
mksh kunjungannya :)

@buret :
iya tuh.. slm kenal kmbali :)

Download Ebook Gratis mengatakan...

good info, thx bro :)

habbats ramdhan mengatakan...

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
Madu
Habbatussauda
Jual Minyak Habbatussauda
Minyak Zaitun
Produk Habbats
Produk Herbal
Obat Herbal
Habbatussauda Dosis Tinggi
Habbats.co.id
Habbats
Aozora Shop Online
toko online
Jual Baju Anak
Jual Baju Bayi
Jual Baju Dewasa
Jual Sepatu Bayi
Jual Sepatu anak Anak
Jual Sepatu Dewasa
Jual Perlengkapan Bayi
Jual Perlengkapan Anak Anak
Jual Perlengkapan Dewasa
Tupperware
Tupperware Murah
Tupperware Update
Tupperware Bandung juara
Jual Tupperware
Katalog Tupperware
Jual Online Tupperware
Tupperware Resep
Tupperware katalog baru
Raja Tupperware Bandung
Collection Tupperware

habbats aozora mengatakan...

Thanks Bermanfaat Artikelnya, Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

Posting Komentar

Sabar dalam bertindak, santun dalam berucap...